Minggu, 08 September 2013

Masa atom dan jumlah mulekul

MASA ATOM

    Massa atom  dari suatu unsur kimia adalah massa suatu atom pada keadaan diam, umumnya dinyatakan dalam satuan massa atom. Massa atom sering disinonimkan dengan massa atom relatif.
PENEMUAN MASA ATOM RELATIF
   Sejak tahun 1961, setelah penemuan spektrometer massa, standar pembanding untuk penetapan massa atom relatif diganti dengan standar baru, yaitu   massa 1 atom C-12 . Penetapan massa atom sebagai standar pembanding ini, disebabkan atom karbon merupakan atom paling stabil dibanding atom-atom lain. Setiap unsur terdiri atas beberapa jenis isotop.
 
Atom-atom suatu unsur dapat memiliki nomor massa atom yang berbeda, karena jumlah neutron dalam atom tersebut berbeda. Selain itu juga atom-atom yang berbeda dapat memiliki nomor massa dan jumlah neutron yang sama Yang di sebut
     ISOTOP
     ISOBAR
     DAN ISOTON
 Pengepengertian ISOTOP, ISOBAR, DAN ISOTON  
 
Isotop
Isotop adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang sama, tetapi massa atomnya berbeda. Nomor atom merupakan identitas dari atom,  sehingga setiap atom yang mempunyai nomor atom yang sama maka unsurnya pun sama.
  Isobar adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda tetapi massa atomnya sama.
    Isoton adalah atom-atom yang mempunyai jumlah neutron yang sama dari unsur-unsur yang berbeda
 Jumlah molekul atau mol
 
    Jumlah molekul adalah besaran pokok fisika yang mengukur jumlah cuplikan elementer yang dapat berupa elektronatomion,molekul, atau partikel tertentu. Satuan SI untuk jumlah molekul ini adalah mol yang didefinisikan sebagai jumlah atom dalam elemen carbon-12 seberat 12 g. 1 mol mempunyai 6.0221415×1023 atom dari bahan murni yang diukur, yang sering dikenal sebagai bilangan Avogadro
 Pengertian bilangan avogadro
 
    Bilangan avogadro adalah jumlah molekul yang terdapat dalam satu mol atau berat gram molekul dari bahan apapun. Satu gram berat molekul adalah berat suatu zat (dalam gram) yang secara numerik setara dengan berat molekul berdimensi dari substansinya. Jumlah molekul dalam satu gram berat molekul telah ditentukan kira-kira sekitar 6.0221367x1023 molekul.
    Dan ada hukum avogadro merupakan hukum kimia dasar yang menyatakan bahwa gas-gas yang memiliki volume, suhu, dan tekanan yang sama, memiliki jumlah partikel yang sama pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar